Cara Membuka "Pelanggan" di Facebook

Keywords: Membuat pelanggan dalam facebook, mempersilahkan pelanggan di facebook, cara membuat pelanggan facebook, Cara Membuka "Pelanggan" di Facebook.

Berikut ini caranya:


  1. Login Facebook menggunakan laptop maupun PC
  2. Masuk ke http://www.facebook.com/about/subscribe kemudian klik: IZINKAN PELANGGAN
  3. Ijin berkomentar pilih: AKTIFKAN
  4. Untuk pemberitahuan pilih: SEMUA ORANG


    Sejatinya pemilihan kata-kata memiliki banyak makna. Satu kata meskipun memiliki arti sama, bisa berbeda arti jika dipergunakan di tempat yang tidak cocok. Di beberapa tempat, suatu kata bisa berkonotasi positif, sedangkan di tempat lain bisa jadi berkonotasi negatif. Itulah namanya lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya.
    Hal inilah yang terjadi pada fitur Facebook yang baru. Facebook membuat cara baru untuk mengikuti update status seseorang tanpa kita harus menjadi teman dari orang tersebut. Jika kita mengijinkan, dalam arti membuat fitur ini aktif, maka orang lain yang berlangganan dapat melihat update status kita yang masuk dalam kategori publik, yang diatur di sebelah kanan bawah kotak update status. Yang menjadi masalah adalah bukan pada fitur itu sendiri, namun pada bahasa yang digunakan.
    Saya mengetahui fitur diatas setelah pacar saya menegur saya, “Kok kamu langganan sama cewek sih?” Dan saya pun bingung, langganan apa yang dimaksud. Ternyata ada di Facebook. Kemungkinan besar adalah profil tersebut tidak sengaja terklik tulisan “subscribe”-nya ketika mouse saya tidak beres kemarin. Memang tiap kita berada di halaman muka Facebook pasti akan disuguhi menu “People To Subscribe To” di kanan atas. Coba simak fitur ini diaktifkan pada profile seorang gadis, kebetulan saya menggunakan antarmuka bahasa Inggris.
    Screenshot Profil FB Menggunakan Bahasa Inggris
    Coba cek bagian kiri bawah yang saya beri kotak pada gambar diatas. Subscriptions dan Subscriber bukan kata-kata yang asing, begitu pula logonya. Bagi yang terbiasa dengan blog pasti mengenal RSS. Dan disini yang dimaksud adalah RSS status pemilik profil ini. Namun coba simak gambar dibawah ini.
    Screenshot FB dengan bahasa Indonesia
    Saya ganti antarmuka Facebook saya dengan Bahasa Indonesia. Lihat ke bagian yang saya beri kotak pada kiri bawah. Langganan dan Pelanggan adalah kata yang lazim, tapi berasa aneh saja jika itu berada di profil seseorang. Konotasinya jadi negatif jika yang memiliki profil adalah seorang gadis, apalagi yang cantik. Saya tidak memuji gadis di profil diatas, tapi memang begitu kenyataannya. big grin Jadi benar-benar negatif jika dikatakan bahwa gadis itu memiliki pelanggan. Nah kan, pelanggan apa coba?
    Saya pikir, bukankah lebih baik menggunakan kata-kata “mengikuti” dan “pengikut” saja ya. Apa mungkin nanti dikira meniru Twitter kalo menggunakan kata-kata tersebut. Tapi saya rasa, kata “mengikuti” dan “pengikut” itu lebih baik. Atau jika masih ingin menggunakan kata-kata itu, bisa ditambahkan kata “status” di belakangnya. “Langganan Status” dan “Pelanggan Status” sepertinya tampak lebih baik. Menurut rekan-rekan bagaimana?
« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / Cara Membuka "Pelanggan" di Facebook