Cara Mencari File Hidden Pada Windows

by admin on February 23, 2011
Apakah anda pernah mengalami masalah dengan file pada windows yang tiba-tiba menghilang atau di hidden dan tidak bisa ditampilkan kembali karena attribut file sudah dirubah permanen sehingga pilihan untuk tidak mencentang “Hidden” pada file properties tidak bisa diklik lagi.
Untuk memunculkan file hidden atau disembunyikan sebetulnya dapat dilakukan melalui windows explorer -> Tools -> Folder Options – > Tab View -> Show Hidden Files and Folders. Tapi masalahnya jika komputer sudah terkena virus biasanya menu ini tidak dapat dirubah atau bahkan tidak muncul Folder Options sama sekali selain itu kadang beberapa virus merubah attribut file menjadi hidden secara permanen tanpa bisa dirubah melalui file properties, lihat gambar dibawah ini:
Dokumen (doc) Disembunyikan
Dokumen (doc) Disembunyikan
Hidden File Tidak Bisa Dirubah
Hidden File Tidak Bisa Dirubah
Lihat gambar (1) icon file dokumen (.doc) tampak redup karena memang disembunyikan atau dihidden dan saat saya coba merubah properties file doc agar tidak hidden lagi ternyata saya tidak dapat menonaktifkan pilihan “Hidden” artinya sampai kapanpun file diatas akan tetap disembunyikan, kecuali saya merubah attribut file menjadi normal kembali.
Untuk mengembalikan hidden file dapat dilakukan melalui MS DOS dengan perintah “ATTRIB -R -S -H” cara lengkapnya adalah dengan membuka MS DOS -> masuk ke lokasi file -> Ketikan perintah ATTRIB -R -S -H. Contohnya:
ATTRIB
ATTRIB
Cara lain untuk memunculkan hidden file adalah dengan menggunakan bantuan software dan kali ini saya akan membahas Find Hidden 0.67a.
Find Hidden 0.67a adalah tools sederhana buatan anak bangsa dengan software ini anda akan dengan mudah mencari file hidden baik yang sengaja disembunyikan atau karena virus yang merubah attribut file menjadi hidden.

Cara Memunculkan File Hidden Dengan Find Hidden

  1. Download dan jalankan Find Hidden 0.67a
  2. Pilih lokasi file yang akan anda cari, kemudian klik tombol “Search
    Find-Hidden-0.67a
    Find-Hidden-0.67a
  3. Jika ditemukan maka akan muncul nama-nama file yang di hidden.
    Mencari File Hidden Pada Windows
    Mencari File Hidden Pada Windows
  4. Untuk merubah properties file menjadi normal kembali caranya klik kanan pada nama file kemudian pilih “Unhide”.
    Merubah Hidden File
    Merubah Hidden File
  5. Catatan : Anda juga bisa memilih menu “Select All” saat akan merubah attribut file sehingga anda dapat merubah seleuruh file yang muncul sekaligus.
Kesimpulan Software ini cukup ampuh untuk menemukan hidden file dengan mudah dan cepat dan yang hebatnya lagi software ini buatan anak bangsa dan masuk juga di softpedia.
« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / Cara Mencari File Hidden Pada Windows